Jagonya Desain dan Hemat Listrik

16/03/2011 11:13

Teknologi light emitting diode (LED) tidak hanya merambah televisi, juga monitor komputer. Tampaknya isu pelestarian lingkungan hidup masih akan terus menjadi tren pengembangan teknologi komputasi.

Merespons permintaan pasar, PT LG Electronics Indonesia (LGEIN) langsung mengguyur pasar dengan empat produk LG SUPER LED Series sekaligus, yaitu LG E41, LG E90, LG E60, dan LG IPS6. Keempatnya membawa keunggulan dalam hal desain dan inovasi terkini guna memenuhi kebutuhan dan hasrat calon penggunanya. “Bukan hanya hemat energi, inovasi LG dalam seri ini menghasilkan terobosan besar menghadirkan perangkat monitor yang menjadi pendukung ideal bagi gaya hidup pemakainya,” ujar General Manager Business Solution LGEIN Tan Jul Darmawan saat memaparkan keunggulan barang dagangannya tersebut di Jakarta,Selasa (8/3).

Penggunaan LED dipilih sebagai tanggapan serius LG akan isu tuntutan keramahan lingkungan yang semakin santer terdengar untuk setiap produk elektronik. Pasalnya, pemanfaatan lampu pendukung LED (LED backlight) dipercaya memiliki kemampuan memangkas penggunaan energi listrik hingga 40% dari monitor LCD sebelumnya. Bagi Anda yang mau mengklaim diri go green,LG E41 bisa menjadi pilihan. Monitor dengan contrast ratio 5.000.000:1 ini berkekuatan super untuk menghemat konsumsi energi listrik (super energy saving).

“Bayangkan saja, meskipun LED monitor telah terbukti mampu menghemat penggunaan energi listrik hingga 40% dibandingkan LCD monitor, monitor ini justru lebih hemat lagi dengan memangkasnya menjadi 25% lebih rendah lagi berbanding dengan LED monitor lainnya,”sebutnya. Sebuah pengujian yang mengukur penggunaan energi listrik pada monitor LG E41 untuk ukuran 21,5 inci menunjukkan konsumsi daya listrik yang dibutuhkannya hanya 15,1 watt. LG E41 Series juga dibekali response time 5 millisecond (5ms).

Bahkan,Tan Jul menyebutkan, produk tersebut telah mendapat sertifikasi EPEAT Gold. Hal itu merupakan pengakuan tertinggi untuk produk elektronik yang dianggap ramah lingkungan dari lembaga sertifikasi berbasis di Amerika Serikat. “Paling hemat listrik dengan tetap menjaga kualitas gambar sesuai aslinya membuat monitor LG E41 Series menjadi monitor paling hemat energi di dunia pada saat ini.Harganya mulai USD143,”ujar Susanto, Product Manager Monitor LGEIN. Rahasianya,dia menuturkan, lima tahapan unik dalam kerja fitur hemat listrik (energy saving) di dalamnya.

Pertama kali monitor LG E41 Series akan bekerja menganalisis gambar yang akan ditayangkan pada layar untuk menentukan tingkat kecerahan yang dibutuhkan. Analisis ini akan meredupkan pencahayaan lampu LED pendukungnya yang secara otomatis mengurangi daya. Proses yang sama seperti yang terjadi pada LED monitor konvensional. Perbedaannya, setelah itu kerja fitur ini akan melakukan peningkatan untuk mendapatkan data pewarnaan yang dibutuhkan dalam membuat tayangan gambar pada monitor sesuai dengan kualitas pewarnaan pada gambar aslinya.

Sumber : https://www.seputar-indonesia.com/

Back

Search site

Buletin Andalan © 2011 All rights reserved.